PANDEGLANG.

Bupati Pandeglang Hj Irna Narulita, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Pandeglang Drs Taufik Hidayat, M.Si serta sejumlah pejabat Pemkab Pandeglang menghadiri launching PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) di Jakarta, Kamis 27 April 2017. Launching dilakukan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, dan Direktur Utama BULOG Djarot Kusumayakti. PT Mitra BUMDes Nusantara bertugas untuk mengakomodir dan membina BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di seluruh Indonesia. Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo optimistis, hadirnya PT Mitra BUMDes Nusantara dapat menekan angka kemiskinan di pedesaan. Terus berkembangnya BUMDes juga diharapkan sebagai upaya agar desa mampu mandiri dan tidak bergantung kepada dana desa. “Maka kamiluncurkan PT Mitra BUMDes

Nusantara, yang nanti akan dibentuk disetiap kabupaten/kota. Mereka ada untuk membina dan mendorong supaya BUMDes yang telah dibentuk bisa maju dan mandiri,” ujarnya. Menteri Eko melanjutkan, dibentuknya PT Mitra BUMDes Nusantara adalah dalam rangka mewujudkan pemberdayaan ekonomi pedesaan yang berkeadilan. Hal tersebut sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desadesa dalam kerangka negara kesatuan. Hasil kerjasama antara Kemendes PDTT, Kementerian BUMN, dan lembaga terkait dalam pembentukan holding BUMDes tersebut, diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa. “Saya optimistis ditangan Ibu Menteri BUMN, PT Mitra BUMDes Nusantara bisa menekan angka kemiskinan. Sebab BUMN lebih mengerti manajemen korporasi,” ujarnya. Terkait hal tersebut, Dirut Bulog Djarot Kusumayakti memaparkan, pembentukan PT Mitra BUMDes Nusantara merupakan tindak lanjut dari kajian Menteri BUMN dan Mendes PDTT dalam rangka meningkatkan ekonomi pedesaan yang  erus berkeadilan.

“Pembentukan badan usaha dalam bentuk hukum perseroan terbatas didesain sebagai mitra bisnis BUMDes Nusantara, diharapkan dapat meningkatkan badan usaha milik desa di pedesaan,” ujarnya. Selanjutnya Djarot mengatakan, dibentuknya PT Mitra BUMDes Nusantara juga merupakan semangat Perum Bulog dan Kopelindo untuk membangun ekonomi daerah pinggiran maupun desa. Hal ini sejalan dengan visi PT Mitra BUMDes Nusantara dalam mewujudkan pemberdayaan ekonomi pedesaan yang berkeadilan. “Diharapkan juga (PT) MBN dapat memiliki keleluasaan menjalin kerjasama dengan mitra bisnis dalam hal pendistribusian maupun keagenan termasuk di dalamnya proses produksi,” ujarnya. Kabupaten Pandeglang sendiri telah menetapkan Pandeglang sebagai salah satu daerah percontohan untuk BUMDes. Bupati Pandeglang Irna Narulita mengharapkan launching PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) benar-benar memberikan dampak positif pada kemajuan desa di Pandeglang. “Kami ucapkan terima kasih, karena banyak sekali program dan bantuan yang sudah diberikan dari Kemendes untuk Kabupaten Pandeglang salah satunya dijadikan daerah percontohan BUMDes.” (**)